Kamis, 30 April 2009

BANK SOAL BIO VII emibio@ymail.com

BANK SOAL
OBYEK PENGAMATAN BIOLOGI
MIKROSKOP DAN KESELAMATAN KERJA



Pilihlah salah satu jawaban soal-soal berikut!

1. Preparat dapat dibuat melalui penyayatan. Sayatan yang arahnya
sejajar dengan sumbu horizontal dari objek disebut sayatan ….
a. lurus c. melintang
b. tengah d. membujur

2. Di bawah ini merupakan alat bantu pada pembuatan preparat yang
berfungsi untuk menyayat organ tumbuhan maupun organ hewan, kecuali ….
a. silet c. cutter
b. gunting d. mikrotom

3. Salah satu contoh koleksi objek biologi adalah taksidermi. Yang dimaksud
dengan Taksidermi adalah ….
a. koleksi tumbuhan kering yang diawetkan
b. koleksi kupu-kupu kering yang diawetkan
c. koleksi burung kering yang diawetkan
d. koleksi serangga kering yang diawetkan

4. Sayatan yang arahnya tegak lurus dengan sumbu horizontal dari objek
disebut sayatan ….
a. melintang c. tengah
b. membujur d. lurus

5. Di bawah ini merupakan bahan pewarna yang sering digunakan untuk
mewarnai sayatan, kecuali ….
a. paraffin c. eosin
b. methylene blue d. lugol

6. Pembuatan sayatan jaringan tumbuhan untuk dapat dilihat di bawah
mikroskop dengan menggunakan alat, kecuali ….
a. mikrotom c. gunting
b. pisau lipat d. cutter

7. Irisan atau sayatan yang sejajar dengan sumbu horizontal dari objek disebut

sayatan ….
a. melintang c. tengah
b. membujur d. lurus

8. Pada pembuatan preparat, yang berfungsi untuk tempat meletakkan objek
disebut ….
a. kaca penutup c. kaca penyimpan
b. kaca preparat d. kaca objek
9. Di bawah ini langkah-langkah membuat preparat secara berurutan adalah ...
a. sayat organ yang akan diamati – tetesi dengan air – letakkan di kaca
objek – tutup dengan kaca penutup
b. sayat organ yang akan diamati – letakkan di kaca objek – tutup dengan
kaca penutup – tetesi dengan air
c. sayat organ yang akan diamati – letakkan di kaca objek – tetesi dengan
air – tutup dengan kaca penutup
d. letakkan di kaca objek – tutup dengan kaca penutup

10. Herbarium adalah ….
a. koleksi tumbuhan kering yang diawetkan
b. koleksi ikan kering yang diawetkan
c. koleksi burung kering yang diawetkan
d. koleksi serangga kering yang diawetkan
11. Organ tumbuhan atau organ hewan yang akan dibuat preparat harus
disayat ..
a. tebal sekali c. sedang
b. tebal d. tipis

12. Sayatan yang arahnya sejajar atau tegak lurus pada bagian tengah suatu objek
disebut sayatan ….
a. melintang c. tengah
b. membujur d. lurus

13. Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan koleksi awetan, kecuali ….
a. cara pengawetan objek c. kelestarian objek
b. cara penyimpanan objek d. tempat pengambilan objek

14. Perhatikanlah pernyataan di bawah ini!
1. Sayat organ yang akan diamati 3. Letakkan di kaca objek
2. Tutup dengan kaca penutup 4. Tetesi dengan air
Langkah-langkah pembuatan preparat secara berurutan adalah ….
a. 1 – 2 – 3 – 4 c. 1 – 3 – 2 – 4
b. 1 – 2 – 4 – 3 d. 1- 4 – 3 – 2

15. Alat yang digunakan untuk menyimpan hasil sayatan yang akan diamati di
bawah mikroskop adalah ….
a. kaca objek c. gabus
b. kaca penutup d. mikrotom

16. Alat bantu yang digunakan untuk mempermudah menyayat organ tumbuhan
atau organ hewan adalah ….
a. kaca objek c. gunting
b. kaca penutup d. gabus

17. Koleksi tumbuhan kering yang diawetkan disebut ….
a. taksidermi c. insektarium
b. herbarium d. renik

18. Alat-akat di bawah ini berfungsi untuk menyayat organ tumbuhan atau
organ hewan, kecuali ….
a. gunting c. pisau
b. silte d. cutter

19. Larutan formalin 4% digunakan untuk mengawetkan hewan-hewan di bawah
ini, kecuali ….
a. katak c. reptile
b. serangga d. mamalia kecil

20. Untuk memudahkan dalam pengamatan maka pada pembuatan preparat
sering digunakan ….
a. alcohol c. lugol
b. herbarium d. parafin
21. Larutan pengawet yang disuntikkan dalam tubuh hewan berukuran besar
untuk pengawetan yaitu ….
a. formalin 1 – 2 % c. formalin 3 – 4 %
b. formalin 2 – 3 % d. formalin 4 – 5%

22. Larutan yang berfungsi sebagai larutan fiksasi dan pengawet untuk
hewan kecil adalah ….
a. alkohol 20% c. alkohol 70%
b. alkohol 50% d. alkohol 100%

23. Di bawah ini merupakan larutan yang digunakan untuk pengawetan basah
pada hewan, kecuali ….
a. alkohol 100 % c. formalin 2%
b. alkohol 70% d. formalin 4%

24. Apabila lensa okuler yang kita gunakan sebesar 10x dan kita akan mengamati
objek dengan pembesaran 1000x, maka pembesaran pada lensa objektif
yang digunakan adalah sebesar ….
a. 10x c. 45x
b. 40x d. 100x
25. Bagian optic mikroskop yang berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya
yang menuju ke kondensor adalah ….
a. lensa okuler c. diafragma
b. lensa objektif d. cermin

26. Misal 100 garis micrometer okuler = 1 mm pada objek, maka satu skala
micrometer okuler panjangnya adalah ….
a. 0,1 mm c. 10 mm
b. 0,01 mm d. 100 mm

27. Diketahui faktor skala untuk pembesaran 400x adalah 1,25. Jika perbesaran
yang digunakan 400x, panjang dan lebar ditunjukkan oleh lensa okuler
berturut-turut adalah 8 skala dan 3 skala, maka panjang dan lebar objek
(benda) yang diamati adalah ….
a. 10 mm dan 3,75 mm c. 10 mm dan 2,4 mm
b. 6,4 mm dan 3,75 mm d. 6,4 mm dan 2,4 mm

28. Yang termasuk ke dalam bagian optik adalah ….
a. mikrometer c. makrometer
b. reflektor d. kondensor

29. Bagian pada mikroskop yang membuat proyeksi bayangan benda pada mata
kita disebut bagian ….
a. fisik c. optic
b. mekanik d. kimia

30. Fungsi utama mikroskop adalah ….
a. memperindah objek c. memperbesar objek
b. mengubah objek d. menentukan bentuk

31. Ilmuwan yang pertama kali menyadari manfaat mikroskop adalah ….
a. Antonie van Leeuwenhoek c. Robert Hooke
b. Robert Brown d. J.B. Mendel

32. Mikroskop yang menggunakan dua lensa okuler disebut mikroskop ….
a. okuler c. binokuler
b. monokuler d. objektif

33. Mikroskop yang sering digunakan di sekolah adalah ….
a. mikroskop electron c. mikroskop modern
b. mikroskop cahaya d. mikroskop konvensional

34. Di bawah ini yang termasuk ke dalam bagian mekanik adalah ….
a. lensa c. reflector
b. diafragma d. mikrometer

35. Misal 200 garis micrometer okuler = 1 mm pada objek, maka satu skala
micrometer okuler panjangnya adalah ….
a. 0,5 mm c. 0,005 mm
b. 0,05 mm d. 0,0005 mm

36. Cara mengatur bayangan perbesaran kuat adalah ….
a. menaikturunkan tubus dengan menggerakkan mikrometer
b. menaikturunkan tubus dengan menggerakkan makrometer
c. menaikkan tubus dengan menggerakan makrometer
d. menurunkan tubus dengan menggerakan mikrometer

37. Perhatikanlah urutan penggunaan mikroskop di bawah ini!
1. Menentukan lapangan pandang
2. Mengatur focus dengan perbesaran kuat
3. Mengatur posisi mikroskop untuk disimpan
4. Mengatur focus dengan perbesaran lemah
Urutan yang besar adalah ….
a. 1 – 2 – 3 – 4 c. 1 – 3 – 4 – 2
b. 1 – 3 – 2 – 4 d. 1 – 4 – 2 – 3

38. Untuk menaikturunkan badan mikroskop secara cepat digunakan ….
a. mikromete c. diafragma
b. makrometer d. pemutar kondensor

39. Bagian mekanik yang berguna untuk tempat meletakkan objektif adalah ….
a. kondensor c. tubus
b. penjepit d. revolver

40. Mikroskop yang menggunakan satu lensa disebut mikroskop ….
a. objektif c. monokuler
b. okuler d. bikuler

41. Pada reflektor terdapat cermin yaitu ….
a. cermin datar c. cermin datar dan cembung
b. cermin cekung d. cermin datar dan cekung

42. Lensa yang dekat dengan mata pengamat disebut lensa ….
a. okuler c. cermin
b. objektif d. diafragma

43. Bagian mikroskop yang berfungsi untuk mempertajam fokus adalah ….
a. lensa objektif c. micrometer
b. cermin d. makrometer

44. Meja objek berfungsi untuk ….
a. meletakkan benda atau objek yang akan diamati
b. menaikturunkan tubus
c. mengatur banyak-sedikitnya sinar yang dipantulkan
d. mengatur fokus

45. Cermin yang digunakan jika sumber cahaya kurang terang adalah cermin ….
a. cekung c. cembung
b. datar d. cekung dan datar

46. Bagian optik pada mikroskop yang berfungsi untuk mengatur banyak
sedikitnya sinar yang dipantulkan cermin menuju mata pengamat adalah ….
a. reflektor c. lensa objektif
b. diafragma d. lensa okuler

47. Mikroskop cahaya yang sering digunakan di sekolah-sekolah adalah
mikroskop ….
a. flouresensi c. medan gelap
b. fase kontras d. medan terang
48. Di bawah ini merupakan jenis-jenis bahan kimia mudah terbakar. Jenis bahan
bakar kimia mudah terbakar yang berwujud cair adalah ….
a. belerang c. eter
b. fosfor merah d. asetilen

49. Bahan kimia beracun yang dapt menimbulkan kelainan pada genetic
(keturunan) adalah ….
a. senyawa merkuri c. CCl4
b. metal isosianat (MIc) d. senyawa nikel

50. Penyediaan alat pemadam kebakaran seperti CO2, dry powder, dan halogen
terdapat pada ruang penyimpanan bahan kimia ….
a. beracun c. reaktif terhadap asam
b. mudah terbakar d. reaktif terhadap air

51. Di bawah ini merupakan jenis-jenis bahan kimia beracun. Bahan kimia
beracun yang menyebabkan kerusakan pada organ hati adalah ….
a. metal isosianat c. senyawa merkuri
b. CCl4 d. krom
52. Di bawah ini merupakan contoh bahan-bahan beracun, kecuali ….
a. CCl4 c. asam klorida
b. senyawa merkuri d. benzena

53. Simbol di bawah ini menunjukkan bahwa bahan bersifat ….
a. mudah meledak
b. beracun
c. mudah terbakar
d. korosif

54. Di bawah ini merupakan bahan korosif padat,
kecuali ….
a. natrium hidroksida c. fosfor
b. trikloroasetat d. asam asetat

55. Bahan kimia yang harus dijauhkan dari air atau disimpan dalam ruangan
yang kering adalah ….
a. bahan kimia beracun c. bahan kimia reaktif terhadap asam
b. bahan kimia mudah terbakar d. bahan kimia reaktif terhadap basa

56. Berikut adalah cara penyimpanan zat yang mudah terbakar, kecuali ….
a. jauhkan dari sumber panas c. simpan pada suhu tinggi
b.simpan pada suhu rendah d. jauhkan dari loncatan api listrik dan rokok

57. Bahan kimia yang banyak digunakan untuk sintesis, analisis, dan
pengobatan adalah ….
a. bahan kimia oksidator c. bahan kimia reaktif terhadap air
b. bahan kimia radioaktif d. bahan kimia reaktif terhadap asam

58. Apabila dalam tubuh kita keracunan gas CO akan menimbulkan ….
a. penyakit kulit c. trauma
b. kebutaan d. kematian dalam waktu detik, menit, jam
59. Bahan kimia mudah terbakar yang berwujud padat adalah ….
a. alkohol c. belerang
b. benzene d. eter

60. Bahan yang mempunyai simbol tengkorak berarti bahan tersebut ….
a. mudah meledak
b. mudah terbakar
c. beracun
d. korosif

61. Bahan kimia yang dapat menghasilkan oksigen dalam reaksinya dengan
senyawa lain disebut ….
a. bahan kimia beracun c. bahan kimia reaktif
b. bahan kimia korosif d. bahan kimia oksidator

62. Senyawa merkuri (air raksa) merupakan salah satu contoh bahan kimia ….
a. beracun c. mudah terbakar
b. korosif d. mudah meledak

63. Di bawah ini merupakan contoh bahan-bahan beracun, kecuali ….
a. CCl4 c. asam klorida
b. senyawa merkuri d. benzena

64. Bahan-bahan kimia yang menghasilkan panas dan gas yang mudah terbakar
atau gas beracun sehingga harus disimpan jauh dari berbagai macam asam
adalah ….
a. bahan kimia beracun c. bahan kimia reaktif terhadap air
b. bahan kima mudah terbakar d. bahan kimia reaktif terhadap asam

65. Di bawah ini merupakan alat-alat pelindung diri pada saat kerja di
laboratorium, kecuali ….
a. jas laboratorium c. alat pemadam kebakaran
b. sarung tangan d. masker

66. Di bawah ini merupakan contoh bahan kimia mudah terbakar yang berwujud
gas, yaitu ….
a. belerang c. alkohol
b. hidrogen d. eter

67. Berikut adalah cara penyimpanan zat yang mudah terbakar, kecuali ….
a. jauhkan dari loncatan api listrik dan rokok
b. simpan pada suhu tinggi
c. simpan pada suhu rendah
d. jauhkan dari sumber panas

68. Simbol di samping menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut bersifat ….
a. mudah terbakar
b. mudah meledak
c. racun, berbahaya jika dihirup/tertelan
d. korosif, menyebabkan luka bakar

69. Bahan kimia korosif cair yang dapat menimbulkan luka yang sukar
disembuhkan adalah ….
a. asam sulfat pekat c. asam asetat
b. asam klorida d. karbondisulfida

70. Di bawah ini merupakan bahan korosif padat, kecuali ….
a. natrium hidroksida c. fosfor
b. trikloroasetat d. asam asetat


.......GOOD LUCK ......

Rabu, 22 April 2009

BANK SOAL BIO VII emibio@ymail.com

BANK SOAL SEMESTER 1

Pilih salah satu jawaban yang paling tepat soal-soal di bawah ini!

1. Lensa yang dekat dengan mata pengamat disebut ….
a. cermin c. lensa objektif
b. diafragma d. lensa okuler

2. Fungsi utama mikroskop adalah ….
a. memperbesar objek c. mengubah objek
b. menentukan bentuk objek d. memperindah objek

3. Insektarium adalah ….
a. koleksi tumbuhan kering yang diawetkan
b. koleksi serangga kering yang diawetkan
c. koleksi ikan kering yang diawetkan
d. koleksi burung kering yang diawetkan

4. Lensa objektif yang kotor dapat mengakibatkan ….
a. mengurangi kontras c. menambah focus
b. menambah ketajaman gambar d. menambah kontras

5. Sayatan yang arahnya sejajar dengan sumbu horizontal dari objek disebut sayatan ….
a. tengah c. melintang
b. lurus d. membujur

6. Bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari sumber
cahaya ke kondensor adalah ….
a. lensa okuler c. cermin
b. diafragma d. lensa objektif

7. Di bawah ini termasuk ke dalam mikroskop cahaya, kecuali ….
a. mikroskop medan terang c. mikroskop elektron
b. mikroskop fluoresensi d. mikroskop fase kontras

8. Bagian mikroskop yang dekat dengan benda dan berfungsi untuk memperbesar benda
yang diamati disebut ….
a. lensa okuler c. diafragma
b. lensa objektif d. revolver

9. Lensa mikroskop dibersihkan dengan menggunakan ….
a. air c. minyak imersi
b. kertas lensa d. tangan

10. Perhatikanlah urutan penggunaan mikroskop di bawah ini!
1. mengatur fokus dengan perbesaran lemah
2. mengatur fokus dengan perbesaran kuat
3. mengatur posisi mikroskop untuk disimpan
4. menemukan lapangan pandang
Urutan yang benar adalah ….
a. 1 – 2 – 3 – 4 c. 4 – 1 – 2 – 3
b. 1 – 3 – 2 – 4 d. 4 – 3 – 2 – 1

11. Bagian mikroskop yang menghubungkan lensa okuler dan lensa objektif adalah ….
a. kaki mikroskop c. badan mikroskop
b. lengan mikroskop d. diafragma

12. Tujuan reproduksi pada makhluk pada makhluk hidup ialah untuk ….
a. mempertahankan jenisnya dari kepunahan
b. mempertahankan diri dari kepunahan
c. memperbanyak kelompok agar kuat
d. memperbanyak diri untuk menambah kelompoknya

13. Di bawah ini yang termasuk kedalam contoh bahan kimia mudah terbakar adalah ….
a. alkohol c. asam klorida
b. asam asetat d. natrium

14. Kekurangan air pada makhluk hidup dapat menyebabkan ….
a. oksidasi c. dehidrasi
b. respirasi d. sekresi

15. Satu diantara ciri khas makhluk hidup adalah melakukan ekskresi. Tujuan ekskresi adalah
untuk ….
a. menyusun zat-zat baru protoplasma
b. mengedarkan zat-zat makanan ke seluruh bagian tubuh
c. mengeluarkan sisa-sisa zat makanan dari dalam tubuh
d. memperoleh zat-zat makanan penyusun tubuh

16. Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungannya, artinya adalah mampu ….
a. mengatur diri c. bereproduksi
b. menyesuaikan diri d. melakukan regulasi

17. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri makhluk hidup adalah ….
a. berkembang biak c. bergerak
b. menanggapi rangsang d. berpindah tempat

18. Bahan yang mempunyai symbol seperti di samping ini berarti bahan tersebut ….
a. mudah meledak c. beracun
b. mudah terbakar d. korosif

19. Tingkat penggolongan makhluk hidup dalam klasifikasi disebut ….
a. torso c. takson
b. taksoid d. nasti

20. Iritabilitas adalah ….
a. proses masuknya oksigen ke dalam tubuh dan keluarnya karbondioksida dari dalam
tubuh
b. kepekaan makhluk hidup untuk memberikan tanggapan terhadap rangsang
c. proses pembentukan atau perubahan makanan di dalam tubuh
d. keluarnya zat sisa metabolisme melalui alat-alat pengeluaran

21. Mobil bukan termasuk makhluk hidup karena ….
a. tidak dapat bergerak c. tidak mengeluarkan sisa pembakaran
b. tidak memerlukan bahan baker d. tidak dapat berkembang biak

22. Berikut adalah ciri-ciri makhluk hidup, kecuali ….
a. tumbuh c. berfotosintesis
b. bernapas d. berkembang biak

23. Tujuan utama dilakukan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk ….
a. mengetahui dan memberi nama setiap makhluk hidup yang bermanfaat
b. mencari perbedaan makhluk hidup yang bermanfaat
c. menyederhanakan objek studi yang beraneka ragam
d. mengelompokan makhluk hidup yang bermanfaat

24. Hewan dna tumbuhan tidak mudah punah, karena mempunyai sifat ….
a. mampu berkembang biak c. mampu bernapas
b. mampu melakukan iritabilitas d. mampu bergerak

25. Ganggang Chlorophyta digunakan untuk ….
a. obat bius c. agar-agar
b. diatomae d. pupuk hijau

26. Dua jenis tumbuhan di bawah ini yang memiliki paling banyak persamaan ciri adalah ….
a. Hibiscus rosasinensis – Hibiscus diliaccus
b. Solanum tuberosum – Sesbania grandiflora
c. Vigna sinensis – Oyza sativa
d. Tamarindus indica – Mimosa pudica

27. Di bawah ini yang merupakan organisme bersel satu yang prokariot adalah ….
a. ganggang hijau c. ganggang cokelat
b. ganggang biru d. ganggang merah

28. Penggolongan tanaman pangan, tanaman sandang, dan tanaman obat-obatan dilakukan
berdasarkan ….
a. bagian-bagian tubuh c. struktur tubuh
b. habitat d. manfaat

29. Bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan akar tanaman polong-polongan
menguntungkan petani karena dapat ….
a. menggemburkan tanah c. mengikat nitrogen
b. menambah zat hara d. mengikat belerang

30. Di bawah ini adalah termasuk dalam system lima kingdom, kecuali ….
a. monera c. animalia
b. eukariota d. fungi

31. Rhizoid pada tumbuhan lumut berfungsi untuk ….
a. mencari makanan c. melekat dan menyerap makanan
b. beranapas d. melekat dan bernapas

32. Jamur dalam ekosistem berperan sebagai ….
a. produsen c. dekomposer
b. konsumen d. predator

33. Spora pada lumut berkembang menjadi ….
a. zigot c. protalium
b. tumbuhan lumut d. protonema

34. Pergiliran keturunan generatif pada Protozoa penyebab penyakit malaria berlangsung pada
….
a. tumbuh nyamuk Anopheles c. darah
b. tubuh manusia d. sporozoid

35. Di antara jamur di bawah ini yang tidak dapat dipakai sebagai bahan makanan adalah ….
a. Neurospora sitophila c. Rhizopus oryzae
b. Penicillium notatum d. volvariella volvaceae

36. Perhatikanlah beberapa organ tumbuhan di bawah ini!
a. rhizoid c. batang e. spora
b. akar d. daun f. bunga

Ciri-ciri tumbuhan paku ditunjukkan oleh huruf ….
a. a, b, c, dan d c. b, c, d, dan e
b. a, c, d, dan e d. b, d, e, dan f

37. Fase generatif dalam daur hidup paku adalah ….
a. tumbuhan paku c. protalium
b. sporogonium d. protonema

38. Pinus termasuk ke dalam tumbuhan biji terbuka, karena ….
a. tidak mempunyai biji
b. bijinya tidak terbungkus oleh daun buah
c. bijinya terdapat di dalam bakal buah
d. bijinya terletak pada pangkal batang

39. Tumbuhan biji umumnya memiliki bunga, sehingga sering disebut ….
a. spermatophyte c. embriophyta
b. phanerogamae d. anthophyta

40. Azolla pinnata berperan untuk ….
a. pupuk c. obat-obatan
b. makanan d. sayuran

41. Kita dapat menyimpulkan bahwa tumbuhan tersebut termasuk kelompok tumbuhan
monokotil apabila melihat ciri-cirinya.
Ciri tumbuhan monokotil antara lain ….
a. berakar serabut, tulang daun sejajar c. berakar tunggang, tulang daun sejajar
b. berakar serabut, tulang daun menjari d. berakar tunggang, tulang daun menjari

42. Perhatikan ciri-ciri tumbuhan di bawah ini!
1. tidak berbunga
2. berakar tunggang
3. menghasilkan biji
4. daunnya berbentuk jarum
Dari ciri-ciri di atas maka dapat disimpulkan bahwa tumbuhan tersebut termasuk
kelompok ….
a. gymnospermae c. monokotil
b. angiospermae d. dikotil

43. Di bawah ini adalah ciri vertebrata, kecuali ….
a. mempunyai vertebre c. pusat saraf berupa pembuluh
b. mempunyai rangka dalam d. peredaran darahnya terbuka

44. Yang termasuk hewan avertebrata adalah ….
a. platyhelminthes c. reptilia
b. aves d. pisces

45. Ciri-ciri tumbuhan.
1. tulang daun menyirip atau menjari
2. batang berkambium
3. memiliki akar tunggang
Ciri-ciri di atas merupakan ciri dari tumbuhan ….
a. dikotil c. paku-pakuan
b. monokotil d. biji terbuka

46. Di bawah ini adalah ciri-ciri arthropoda, kecuali ….
a. berkaki berbuku-buku c. berkembang biak secara kawin
b. mempunyai rangka dalam d. tubuh simetri bilateral

47. Tumbuhan dengan ciri-ciri mahkota bunga berbentuk kupu-kupu dan buahnya polongan
termasuk suku ….
a. papilionaceae c. myrtaceae
b. caesalpinaceae d. solanaceae

48. Ciri hewan porifera adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. tubuh bersel banyak c. berkembang biak dengan tunas
b. tubuh berpori d. hidup di darat

49. Hewan mamalia yang mempunyai gigi kuat, taring besar dan tajam, serta geraham besar
termasuk ke dalam ordo ….
a. primata c. carnivora
b. rodentia d. marsupialia

50. Perhatikanlah nama-nama hewan di bawah ini!
1. katak 5. burung elang
2. kura-kura 6. ular sanca
3. lumba-lumba 7. tikus
4. ikan mas 8. paus
Kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin ( Poikilothermis ) adalah ….
a. 1, 2, 4, 6 c. 3, 4, 5, 7
b. 2, 3, 4, 5 d. 4, 5, 6, 8



Semoga sukses

emibio@ymail.com






















Jumat, 17 April 2009

PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN


USAHA MANUSIA UNTUK MENGATASI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

A. PENGARUH PENEBANGAN HUTAN TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN
DAN UPAYA PENCEGAHAN SERTA PENANGGULANGANNYA.

Manfaat hutan, antara lain :
a. merupakan habitat berbagai hewan dan tumbuhan
b. sumber produksi kayu
c. menjaga kelembaban suhu
d. menahan air
e. sumber bahan pangan dan obat obatan

2. Upaya yang dilakukan untuk melestarikan hutan, antara lain :
a. melakukan penebangan kayu di hutan dengan sistem ” TEBANG PILIH ”
b. melakukan REBOISASI ( REFORESTASI ), yaitu menghutankan kembali
hutan yang terlanjur rusak
c. Melakukan AFORESTASI, yaitu menghutankan daerah yang bukan hutan
untuk mengganti hutan yg digunakan untuk keperluan lain.
d. mencegah kebakaran hutan.
e. Memberikan penghargaan kepada mereka yg berjasa menjaga kelestarian
hutan.

B. PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN UPAYA PENCEGAHAN SERTA PENANGGULANGANNYA
.

Pencemaran lingkungan atau polusi adalah masuknya zat atau komponen
lain yang merugikan ke dalam lingkungan akibat kegiatan manusia atau
prosses alami.
Polutan adalah Zat atau bahan yang menyebabkan polusi.

Macam – macam pencemaran.
1. Pencemaran Air.
Air dikatakan tercemar bila keadaan air sudah tidak dlm keadaan normal.
Bahan pencemar air dapat berasal dari limbah rumah tangga, pabrik dan limbah pertanian yang dibuang ke perairan.

Usaha untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran air, antara lain :
a. Mengolah limbah sebelum dibuang ke perairan.
b. Menggunakan pupuk buatan sesuai dengan aturan.
c. Tidak membuang sisa pupuk / limbah pertanian ke perairan.
d. Tidak membuang sampah rumah tangga langsung ke perairan.
e. Menanam tanaman sejenis alang-alang di sekitar lingkungan industri,
karena dapat menyerap unsur logam beracun.


2. Pencemaran Udara.
Pencemaran udara dapat disebabkan oleh kegiatan manusia atau peristiwa alam.
Oleh kegiatan manusia, misalnya : transportasi, industi dan merokok.
Oleh peristiwa alam, misalnya : letusan gunung berapi dan kebakaran hutan.
Pencemaran udara dapat mengakibatkan pemanasan global, penipisan lapisan ozon dan hujan asam.

Usaha untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran udara, antara lain :
a. Mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan menggantinya dengan gas
alam/ alternatif lainnya.
b. Menggunakan bahan bakar secara efisien.
c. Melakukan penebangan kayu di hutan dengan sistem ” TEBANG PILIH ”
d. Penghentian pemakaian CFC, karena dapat merusak lapisan ozon.
e. Penggunaan filter untuk menyaring CO2 dari asap buangan pabrik.
f. Pembuatan taman kota dan jalur hijau sebagai paru-paru kota.

3. Pencemaran Tanah.
Bahan pencemar tanah dapat berupa sampah yang sukar hancur secara alami, detergen, tumpahan minyak.
Pencemaran tanah dapat mengakibatkan tanah menjadi tidak produktif dan mengganggu keseimbangan ekologis.

Usaha untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran tanah, antara lain :
a. Mendaur ulang sampah anorganik.
b. Memanfaatkan sampah organik untuk pupuk kompos.
c. Menggunakan pestisida sesuai aturan.
d. Membuat tempat penampungan dan pengolahan limbah.
e. Memulihkan tanah yang tercemar dengan mokroorgansme yang disebut
dengan Bioremediasi.
f. Melakukan rotasi tanaman.

4. Pencemaran Suara
Kebisingan suara dapat berakibat pada :
a. Perubahan tekanan darah
b. Perubahan denyut nadi.
c. Kontraksi perut dan denyut jantung
d. Stres, dsb.

Usaha mengantisipasi terjadinya polusi suara, antara lain :
1. Membangun bandara jauh dari pemukiman
2. Menggunakan alat peredam suara bagi karyawan yang bekerja di pabrik
3. Kawasan industri dibangun jauh dari daerah pemukiman
4. Pemakainan filter pada kendaraan bermotor.

C. PENGELOLAAN LINGKUNGAN.
Kerusakan lingkungan hidup berdampak buruk bagi kehidupan, sehingga perlu
adanya upaya pelestarian lingkungan .


Pengelolaan lingkungan merupakan keterpaduan antara :
A. Pemanfaatan
B. Penataan
C. Pemeliharaan
D. Pengendalian
E. Pengawasan
F. Pemulihan dan Pengembangan lingkungan hidup.

Pengelolaan lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara :
1. Memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana dan terkendali.
2. Melaksanakan pembangunan yang memperhatikan kelestarian lingkungan.
3. Membina dan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya
menjaga kelestarian lingkungan.
4. Membuat peraturan atau undang undang tentang pengelolaan lingkungan
hidup.

Kamis, 16 April 2009

AVERTEBRATA SUMMARY

AVERTEBRATA

Avertebratas are divided into 8 groups, they are:
1. Porifera
2. Coelenterata
3. Echinodermata
4. Mollusca
5. Platyhelminthes
6. Nemathelminthes
7. Annelida
8. Arthropoda

1. PORIFERA

The characteristics of porifera :
1. The body consist of many cells
2. On the entire of their body surface there are pores.
3. Commonly live in the sea
4. Have a skeleton made of calc substance
5. Reproduce vegetatively by bud and generatively by the union of egg cell and sperm to form a zygote

Poriferas are divided into 3 Classes, they are :
1. Calcarea, examples : Schyra Grantia
2. Hexactinallidae, examples : Aspergillum, Hyalonema.
3. Demospongia, examples : Spongila dan Halicondria


2. COELENTERATA

The characteristics of coelenterata :
1. The body shape is like a tube or hollow bag.
2. The part of up body have Ostium (mouth bone) that tentacle riveting.
3. Every tentacle contains cnidobast cells and every knidobast contains a thorny filament, the tentacle contain poison called nematocyte which causes itching and is used for defense and catching preys.
4. Commonly live in the sea water.
5. They breath with the entire body surface.
6. Some are polypous and some are medusa
7. Vegetative reproduction is done by bud and generative reproduction is by the union of egg cell with spermatozoid cell.

The examples of coelenterata:
1. Hydra.
2. Jelly fish (Aurelia aurita.
3. Sea anemone.
4. Coral animals.
5. Akar bahar.

3. ECHINODERMATA

The characteristics of echinodermata :
1. The body has an inner skeleton which is composed of plates of calc and covered by skin that has spines
2. Moving by ambulacral legs
3. Reproduce sexually
4. Breath by using gills. The gills are spread in the entire body surface
5. Have high generation power.


ECHINODERMATAS are grouped into 5 classes, they are:
1. Asteroidea ( Starfish )
2. Ophiuroidea ( Basket stars )
3. Echinoidea ( Sea urchins )
4. Crynoidea ( Sea lily )
5. Holothuroidea ( Sea cucumber
)

4. MOLLUSCA

The characteristics of mollusca :
1. Their body is soft and has a lot of mocus gland so its body is mocus.
2. The body is not segmented.
3. The body is commonly protected by shell which is made calc substance


Based on moving organ, Molluscas are divided into 3 classes, they are :
1. Gastropoda ( Siput-siputan )
2. Cephalopoda ( Cumi-cumi )
3. Pelecypoda ( Kerang-kerangan )


The characteristics of platyhelminthes :
1. The body is flat
2. They are commonly hermaphroditic
3. Have no blood circulation and respiration system.
4. Commonly live as parasites

5. PLATYHELMINTHES


Platyhelminthes are divided into 3 classes, they are:
1. Turbellaria ( Worms with vibrating hair ), example : Planaria
2. Trematoda ( Sucking worms ), example: Fasciola hepatica ( liver worms )
3. Cestoda ( Tapeworms )

Contoh : a. Cow tapeworms ( Taenia saginata )
b. Pig tapeworms ( Taenia solium )
c. Dog tapeworms ( Echinococcus granulosus )

6. NEMATHELMINTHES

The characteristics of nemathelminthes :
1. The body is round, long (cylindrical) and the ends are sharp
2. The body is bilaterally symmetrical and has no segment.
3. The mouth is found in the anterior part and the anus is found in the posterior part of the body.
The examples of Nemathelminthes, such as :
1. Stomach worms ( Ascaris lumbricoides )
2. Hookworms ( Ancylostoma duodenale )
The worms suck human blood so they cause anemia.
3. Cremi worms ( Oxyuris vermicularis )
They cause itching around the anus
4. Elephant foot worms ( Filaria branchofti )

7. ANNELIDA
The characteristics of annelida :
1. The body is round and long, consist of ring (bracelet) which are connected to one another
2. The body wall consist of three layers ( Triploblastik ), they are :
1. Eksoderm
2. Mesoderm
3. Endoderm.
3. The front part is tapering and have no eye
4. At the front end of the body there is a mouth, while at the back end there is an anus
.
Annelida are divided into 3 classes, they are :
1. Polychaeta ( Worms with a a lot of hair ).
Examples : Wawo worm and Palolo worm

2. Oligochaeta ( Worms with a little hair ).
Examples : Erath worms ( Lumbricus terrestris )
Tubifex worms, have red colour and they are usually used as fish feed
3. Hirudinae ( Blood sucker worm).
Example : Leech ( Hirudo medicinalis )

8. ARTHROPODA

The characteristics of arthropoda :
1. The body is segmented
2. Their body are hard and composed of chitin substance and this body skin is the outer skeleton ( eksoskeleton )
3. Have a pair os antenna
4. Some arthropods have facet
5. The body consists of head, chest, and stomach
6. The body is bilaterally symmetrical
7. Open blood circulation system
8. The nerve system is string ladder type


Based on their structure of body, Arthropods are distinguished into 4 classes as follows :
1. Insecta / Hexapoda ( Insect )
2. Crustacea ( Family of shrimp )
3. Arachnoidea ( Family of spider )
4. Myriapoda ( Family of centipedes )

AVERTEBRATA SUMMARY

AVERTEBRATA



2. Coelenterata
3. EAvertebratas are divided into 8 groups, they are:
1. Porifera
chinodermata
4. Mollusca
5. Platyhelminthes
6. Nemathelminthes
7. Annelida
8. Arthropoda

The characteristics of porifera :
1. The body consist of many cells
2. On the entire of their body surface there are pores.
3. Commonly live in the sea
4. Have a skeleton made of calc substance
5. Reproduce vegetatively by bud and generatively by the union of egg cell and sperm to form a zygote
Poriferas are divided into 3 Classes, they are :
1. Calcarea, examples : Schyra Grantia
2. Hexactinallidae, examples : Aspergillum, Hyalonema.
3. Demospongia, examples : Spongila dan Halicondria

The characteristics of coelenterata :
1. The body shape is like a tube or hollow bag.
2. The part of up body have Ostium (mouth bone) that tentacle riveting.
3. Every tentacle contains cnidobast cells and every knidobast contains a thorny filament, the tentacle contain poison called nematocyte which causes itching and is used for defense and catching preys.
4. Commonly live in the sea water.
5. They breath with the entire body surface.
6. Some are polypous and some are medusa
7. Vegetative reproduction is done by bud and generative reproduction is by the union of egg cell with spermatozoid cell.
The examples of coelenterata:
1. Hydra.
2. Jelly fish (Aurelia aurita.
3. Sea anemone.

4. Coral animals.
5. Akar bahar.
The characteristics of echinodermata :
1. The body has an inner skeleton which is composed of plates of calc and covered by skin that has spines
2. Moving by ambulacral legs
3. Reproduce sexually
4. Breath by using gills. The gills are spread in the entire body surface
5. Have high generation power.
ECHINODERMATAS are grouped into 5 classes, they are:
1. Asteroidea ( Starfish )
2. Ophiuroidea ( Basket stars )
3. Echinoidea ( Sea urchins )
4. Crynoidea ( Sea lily )
5. Holothuroidea ( Sea cucumber )

The characteristics of mollusca :
1. Their body is soft and has a lot of mocus gland so its body is mocus.
2. The body is not segmented.
3. The body is commonly protected by shell which is made calc substance
Based on moving organ, Molluscas are divided into 3 classes, they are :
1. Gastropoda ( Siput-siputan )
2. Cephalopoda ( Cumi-cumi )
3. Pelecypoda ( Kerang-kerangan )
The characteristics of platyhelminthes :
1. The body is flat
2. They are commonly hermaphroditic
3. Have no blood circulation and respiration system.
4. Commonly live as parasites



Platyhelminthes are divided into 3 classes, they are:
1. Turbellaria ( Worms with vibrating hair ), example : Planaria
2. Trematoda ( Sucking worms ), example: Fasciola hepatica ( liver worms )
3. Cestoda ( Tapeworms )
Contoh : a. Cow tapeworms ( Taenia saginata )
b. Pig tapeworms ( Taenia solium )
c. Dog tapeworms ( Echinococcus granulosus )

The characteristics of nemathelminthes :
1. The body is round, long (cylindrical) and the ends are sharp
2. The body is bilaterally symmetrical and has no segment.
3. The mouth is found in the anterior part and the anus is found in the posterior part of the body.
The examples of Nemathelminthes, such as :
1. Stomach worms ( Ascaris lumbricoides )
2. Hookworms ( Ancylostoma duodenale )
The worms suck human blood so they cause anemia.
3. Cremi worms ( Oxyuris vermicularis )
They cause itching around the anus
4. Elephant foot worms ( Filaria branchofti )

The characteristics of annelida :
1. The body is round and long, consist of ring (bracelet) which are connected to one another
2. The body wall consist of three layers ( Triploblastik ), they are :
1. Eksoderm
2. Mesoderm
3. Endoderm.
4. The front part is tapering and have no eye
5. At the front end of the body there is a mouth, while at the back end there is an anus.
Annelida are divided into 3 classes, they are :
1. Polychaeta ( Worms with a a lot of hair ).
Examples : Wawo worm and Palolo worm

2. Oligochaeta ( Worms with a little hair ).
Examples : Erath worms ( Lumbricus terrestris )
Tubifex worms, have red colour and they are usually used as fish feed
3. Hirudinae ( Blood sucker worm).
Example : Leech ( Hirudo medicinalis )

The characteristics of arthropoda :
1. The body is segmented
2. Their body are hard and composed of chitin substance and this body skin is the outer skeleton ( eksoskeleton )
3. Have a pair os antenna
4. Some arthropods have facet
5. The body consists of head, chest, and stomach
6. The body is bilaterally symmetrical
7. Open blood circulation system
8. The nerve system is string ladder type

Based on their structure of body, Arthropods are distinguished into 4 classes as follows :
1. Insecta / Hexapoda ( Insect )
2. Crustacea ( Family of shrimp )
3. Arachnoidea ( Family of spider )
4. Myriapoda ( Family of centipedes )


Insecta
Crustacea
Arachnoidea
Miryapoda
Body
Divided into 3 parts
Divided into 2 parts
Divided into 2 parts
Divided into many segments
Legs
3 pairs
5 pairs
4 pairs
Many pairs
Wings
2 pairs
Head
Vision clearly
Vision clearly
Chest
3 segments
United with the head
United with the head

ECOSYSTEM SUMMARY

ECOSYSTEM


Ecosystem is :
v The surrounding where organisms make two directional relationship or interaction.
v Reciprocal relationship between living organisms and their surrounding.

The branch of science that studies reciprocal relationship between living organisms and their surrounding is called ECOLOGY


Unit of Organisms
The hierarchy of organisms from the simplest ( lower ) to the most complex ( highest ) are :
Individual Population Community Ecosystem Biosphere



1. INDIVIDUAL
Is the name for a single organisms
Examples :
a. A grasshopper
b. An ant
c. A bar of mango
d. A kid, etc

2. POPULATION
Is all individuals of the same kind that occupy a certain region / place.
Population Density is the number of population per unit area.
The change of organisms population density in a region is influenced by the following factors:
1. Natality
2. Mortality
3. Immigration
4. Immigration.

3. COMMUNITY
Is all of the population, which occupy the same region / place.

4. ECOSYSTEM
Is Reciprocal relationship between living organisms and their surrounding.

Based on the history their formations, ecosystem distinguished into 3, are as follows:
1. Natural Ecosystem
Is an ecosystem which is formed naturally without human intervention.

Examples :
a. Desert ecosystem
b. Forest
c. Mountain

2. Artificial Ecosystem
Is an ecosystem which is made on purpose by humans

Examples :
a. Pool / pond c. Rice field
b. Lake d. Aquarium

3. Succession Ecosystem.
Is an ecosystem which is the product of environment succession which is preceded by damage.

5, BIOSPHERE
Is a collection of ecosystem which found on earth surface.



Constituent component of ecosystem consist of :
A. Biotic Component
B. Abiotic component.


A. Biotic Component is an ecosystem component which consist of organisms ( animals, plants, human ).

Every organism has certain position, task or function is called NICHE

Based on their niche, organisms are distinguished into 3, are as follows :
1. PRODUCER
· Organisms which are able to produce organic materials
· Organisms which are able to produce food substance through photosynthesis process.
Examples : Mosses, Algae and Green plants.

2. CONSUMER
· Organisms which cannot produce their own food substance.
· They used food substance made by another organisms
Examples : All animal and plants which have no chlorophyll.

· The kinds of Consumer based on their food :
1. Herbivore is Plant eating animal.
Examples : grasshopper, rabbit, buffalo, goat

2. Carnivore is Meat eating animal
Examples : cat, tiger, dog

3. Omnivore is all eating animal.
· Examples : humans, mouse.

· The kinds of Consumer based on their level :
1. The first level consumer is consumer which directly take their food from green plant.

2. The second level consumer is consumer which eating the first level consumer.

3. The third level consumer is consumer which eating the second level consumer

4. The Peak Consumer is the final consumer or consumer which no other animal that eat it.

3. DECOMPOSER.
Decomposers are the biotic component that have function to decompose organic matter coming from dead organisms or the discharge of digestion residue.

Examples : Decomposing bacteria and Fungi
The product of decomposer are used by producer.


ABiotic Component is an ecosystem component which consist of dead bodies.
· Abiotic Component consist of :
1. Soil
2. water
3. air
4. Temperature
5. Sunlight
6. Climate.

· The Abiotic Components will be explained in detail below.
1. SOIL
Ø All lives depend on the soil, whether directly or indirectly
Ø The fertile soil that is the soil which is rich in nutrients and the water content is enough.
Ø Soil fertility very much determines the kinds of plants above it, and then the kinds of plants determine the kind of animals.

2. WATER.
Ø Every organisms needs water
Ø 90% of the body of an organisms is composed water.
Ø Water has a function as solvent and raw material for the process inside body.

3. AIR.
Ø All organisms needs air
Ø Plants always bond CO2 from the air which is very important in photosynthesis process.
Ø O2 which functions in oxidation is also taken from the air.

4. TEMPERATUR
Ø Every organisms needs a certain environment temperature.
Ø Only organisms which are able to adapt to their environment can survive and develop well.

5. SUNLIGHT
Ø Every organisms needs sunlight.
Ø Sunlight is the energy source in the ecosystem.
Ø Sunlight is required by plants to perform photosynthesis process.

6. CLIMATE
Ø Climate is the average of weather condition in a certain time period
THE EXAMPLES OF NATURAL AND ARTIFICIAL ECOSYSTEM :